Dosen dan Mahasiswa Matematika UNY Presentasi di Konferensi ICAPM 2015 di Busan Korea Selatan

The American Society for Research (ASR) merupakan salah satu organisasi penelitian ilmiah di dunia, yang secara profesional menyediakan forum di mana anggota dapat bertukar ide, informasi, teknik dan metodologi. Konferensi ICAPM 2015 merupakan salah satu kegiatan yang diselenggarakan oleh ASR. International Conference on Applied Physics and Mathematics (ICAPM 2015) merupakan konferensi internasional Fisika dan Matematika yang diselenggarakan oleh ASR join konferensi dengan ICMM 2015 dan ICAEE 2015. Kegiatan ini diselenggarakan di Busan Korea Selatan pada tanggal 12-13 Februari 2015 bertempat di Hotel Ibis Ambassador Busan. Adapun Keynote speakernya adalah Asso. Prof. Po-Liang Liu (Graduate Institute of Precision Engineering National Chung-Hsing University, Taiwan) dan Dr. Jae Hoon Lee (Ehime University, Japan).

            Konferensi ICAPM 2015 di Busan merupakan Konferensi yang kelima. Beberapa konferensi sebelumnya telah diselenggarakan di beberapa negara yaitu, konferensi pertama dan kedua ICAPM 2011 dan ICAPM 2012 di Chennai India, ICAPM 2013 (konferensi ketiga) di Hongkong dan ICAPM 2014 (konferensi keempat) di Singapura. Konferensi ini diikuti oleh dosen dan mahasiswa Matematika UNY yakni Dwi Lestari, M.Sc., Muh Rifki Taufik, Tri Wijayanti Septiarini dan Kurrotul’Ayun. Adapun makalah yang disampaikan berjudul “A Local Stability of Mathematical Models for Cancer Treatment by Using Gene Therapy” oleh Dwi Lestari. Artikel berjudul “Mathematical Model for Vaccinated Tuberculoses with VEIT model” dipresentasikan oleh Muh Rifki Taufik dan Tri Wijayanti Septiarini. Sementara itu, Kurrotul ‘Ayun menyampaikan hasil penelitian berjudul “Application of Weighted Fuzzy Time Series Model to Forecast Trans Jogja’s Passengers” di bawah bimbingan dosen Dr.Agus Maman Abadi, M.Si dan Fitriana Yuli S, M.Si. Makalah yang dipresentasikan dimuat di jurnal internasional IJAPM (International Journal of Applied Pyshic and Mathematics) dan IJMO (International Journal of Modelling and Optimization).

            Pada konferensi internasional ini dosen dan mahasiswa tidak hanya menyampaikan presentasi namun menjalin komunikasi juga dengan para ahli matematika dan ilmu sains. Tidak hanya itu, mereka juga mendapatkan info beasiswa atau universitas untuk studi lanjut. Kegiataan ini mendapatkan bantuan dana dari KUIK UNY dan Fakultas MIPA.

Label Berita: