MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKA FMIPA UNY SIT IN DI UPM

Sebanyak 26 mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika Kelas Internasional FMIPA UNY mengikuti program sit in atau study visit di Universiti Putra Malaysia (UPM). Program yang dilaksanakan pada 9—21 Oktober 2015 ini merupakan program kerja sama antara FMIPA UNY dengan Fakulti Sains UPM dalam rangka memberikan pengalaman sistem pembelajaran yang berbeda kepada mahasiswa.

Wulan, mahasiswa Pendidikan Matematika Kelas Internasional ketika dikonfirmasi pada Selasa (3/11/2015), menjelaskan bahwa selama berada di UPM, peserta program study visit mengikuti berbagai macam aktivitas yang sudah dipersiapkan dari pihak UPM baik yang dilaksanakan indoor maupun outdoor. Aktivitas tersebut di antaranya adalah  mengikuti kelas pembelajaran, mengunjungi Laboratorium Kimia Organik, mengunjungi sarana dan prasarana di UPM seperti Museum Warisan Melayu, Perpustakaan Sultan Abdul Samad, Ladang 16, serta berkunjung ke kota tua di Malaka dan beberapa kantor pemerintahan Malaysia di Kuala Lumpur. Namun demikian, ada beberapa kegiatan yang tidak berjalan dengan semestinya seperti kunjungan ke SMK Putra Jaya. Hal ini karena adanya bahaya asap dan serangan bakteri yang sedang melanda pada waktu itu sehingga kegiatan diganti dengan kunjungan ke Planetarium. 

Sementara itu, W. Purnama, juga dari Jurusan Pendidikan Matematika mengatakan, “Berdasarkan pengalaman saya selama mengikuti pembelajaran yang berlangsung di kelas, proses pembelajaran di sana masih menerapkan metode direct learning atau sering kita menyebutnya dengan metode konvensional (ceramah). Namun bisa jadi metode pembelajaran lain diterapkan di mata kuliah lain. Mungkin saja. Selain itu, kedisiplinan serta keteraturan di sana dapat menjadi contoh pembelajaran yang bagus untuk kita.”

Kegiatan sit-in ini ditutup dengan acara Culture Show Students UNY dan UPM pada tanggal 19 Oktober 2015. Dekan Fakulti Sains UPM, berpesan bahwa semoga ke depan acara study visit ini tidak hanya dilakukan selama beberapa minggu saja namun bisa dilaksanakan selama 1 semester. Dan tidak menutup kemungkinan bahwa mahasiswa UNY bisa melanjutkan program master UPM. Semoga dengan adanya program rintisan kerja sama antara UNY-UPM ini dapat mengepakkan sayap visi dan misi lebih tinggi menuju World Class University (WCU). (wulan/witono)

Label Berita: