Kurikulum Program PPG Matematika

Struktur Kurikulum Program  PPG Matematika

Penyusunan  struktur kurikulum Program PPG Matematika mengacu pada Pasal 9 Permendiknas No. 08 Tahun 2009 tentang Program PPG yang dapat dijelaskan sebagai berikut: (1) Struktur kurikulum program PPG berisi pendidikan bidang studi (subject specific pedagogy) dan Program Pengalaman (PPL) kependidikan, (2) Dalam hal peserta didik berasal dari S-1 Kependidikan yang mengintegrasikan PPL ke dalam kurikulumnya maka kurikulum program PPG berisi pemantapan bidang studi dan pendidikan bidang studi (subject enrichment and  subject specific pedagogy) serta pemantapan PPL.
Perumusan struktur kurikulum PPG Matematika dengan memperhatikan jenjang pendidikan peserta PPG (guru SMP/MTs atau guru SMA/MA/SMK) dan pola penyelenggaraan (pola blok atau pola non blok). Pemilihan pola penyelenggaraan PPG didasarkan pada kesepakatan LPTK dengan pihak sekolah mitra. Jika dikehendaki, LPTK dapat mengubah atau menyesuaikan muatan isi kegiatan workshop.

Kurikulum Program PPG Matematika SMP/MTs Pola Blok

Kurikulum SMP/MTs PPG Matematika
Deskripsi Kegiatan

Pendidikan Bidang Studi (Subject Specific Pedagogy/ SSP)

  1. Pemantapan Materi dan Pengembangan SSP Matematika SMP/MTs Kelas VII semester 1. Mengembangkan perangkat pembelajaran  matematika berupa bahan ajar, RPP, LKS, evaluasi dan media pembelajaran serta pemantapan penguasaan materi matematika lingkup SMP Kelas 1 semester 1
  2. Pemantapan Materi dan Pengembangan SSP Matematika SMP/MTs Kelas VII semester 2 Mengembangkan perangkat pembelajaran  matematika berupa bahan ajar, RPP, LKS, evaluasi dan media pembelajaran serta pemantapan penguasaan materi matematika lingkup SMP Kelas 1. semester 2
  3. Pemantapan Materi dan Pengembangan SSP Matematika SMP/MTs Kelas VIII semester 1. Mengembangkan perangkat pembelajaran  matematika berupa bahan ajar, RPP, LKS, evaluasi dan media pembelajaran serta pemantapan penguasaan materi matematika lingkup SMP Kelas 2 semester 1
  4. Pemantapan Materi dan Pengembangan SSP Matematika SMP/MTs Kelas VIII semester 2. Mengembangkan perangkat pembelajaran  matematika berupa bahan ajar, RPP, LKS, evaluasi dan media pembelajaran serta pemantapan penguasaan materi matematika lingkup SMP Kelas 2 semester 2.
  5. Pemantapan Materi dan Pengembangan SSP Matematika SMP/MTs Kelas IX semester 1. Mengembangkan perangkat pembelajaran  matematika berupa bahan ajar, RPP, LKS, evaluasi dan media pembelajaran serta pemantapan penguasaan materi matematika lingkup SMP Kelas 2 semester 1
  6. Pemantapan Materi dan Pengembangan SSP Matematika SMP/MTs Kelas IX semester 2. Mengembangkan perangkat pembelajaran  matematika berupa bahan ajar, RPP, LKS, evaluasi dan media pembelajaran serta pemantapan penguasaan materi matematika lingkup SMP Kelas 2 semester 1

          Pemantapan Program Pengalaman Lapangan Kependidikan

  1. Implementasi Pembelajaran  PPL  Matematika SMP/MTs  Kelas VIIMelaksanakan, menilai dan    menindaklanjuti pembelajaran atau hasil penilaian dengan melakukan pembimbingan, dan pelatihan peserta didik pada  tingkat satuan pendidikan SMP
  2. Implementasi Pembelajaran  PPL  Matematika SMP/MTs  Kelas VIII. Melaksanakan, menilai dan menindaklanjuti pembelajaran atau hasil penilaian dengan melakukan pembimbingan, dan pelatihan peserta didik pada  tingkat satuan pendidikan SMP Kelas VIII.
  3. Implementasi Pembelajaran  PPL  Matematika SMP/MTs  Kelas IX. Melaksanakan, menilai dan menindaklanjuti pembelajaran atau hasil penilaian dengan melakukan  pembimbingan, dan pelatihan peserta didik pada  tingkat satuan pendidikan SMP Kelas IX.
  4. Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah. Observasi pengelolaan sekolah terkait dengan kegiatan administrasi sekolah dan kegiatan ekstrakurikuler serta keterlibatan peserta PPG dalam pengelolaan sekolah. Outputnya berupa laporan observasi.
  5. Pemantapan Materi dan Pengembangan Penunjang Profesi Guru Matematika. Salah satu materi yang dikembangkan adalah melakukan penelitian dan mengembangkan profesionalitas secara berkelanjutan melalui kegiatan penelitian tindakan kelas yang outputnya berupa laporan PTK.

Kurikulum Program PPG Matematika SMA/MA Pola Blok

Kurikulum SMA/MA PPG Matematika

Deskripsi Kegiatan

Pendidikan Bidang Studi (Subject Specific Pedagogy/ SSP)

  1. Pemantapan Materi dan Pengembangan SSP Matematika SMA/MA Kelas X semester 1. Mengembangkan perangkat pembelajaran  matematika berupa bahan ajar, RPP, LKS, evaluasi dan media pembelajaran serta pemantapan penguasaan materi matematika lingkup SMA Kelas X semester 1.
  2. Pemantapan Materi dan Pengembangan SSP Matematika SMA/MA Kelas X semester 2. Mengembangkan perangkat pembelajaran  matematika berupa bahan ajar, RPP, LKS, evaluasi dan media pembelajaran serta pemantapan penguasaan materi matematika lingkup SMA Kelas X semester 2.
  3. Pemantapan Materi dan Pengembangan SSP Matematika SMA/MA Kelas XI semester 1. Mengembangkan perangkat pembelajaran  matematika berupa bahan ajar, RPP, LKS, evaluasi dan media pembelajaran serta pemantapan penguasaan materi matematika lingkup SMA Kelas XI semester 1.
  4. Pemantapan Materi dan Pengembangan SSP Matematika SMA/MA Kelas XI semester 2. Mengembangkan perangkat pembelajaran  matematika berupa bahan ajar, RPP, LKS, evaluasi dan media pembelajaran serta pemantapan penguasaan materi matematika lingkup SMA Kelas XI semester 2.
  5. Pemantapan Materi dan Pengembangan SSP Matematika SMA/MA Kelas XII semester 1. Mengembangkan perangkat pembelajaran  matematika berupa bahan ajar, RPP, LKS, evaluasi dan media pembelajaran serta pemantapan penguasaan materi matematika lingkup SMA Kelas XII semester 1.
  6. Pemantapan Materi dan Pengembangan SSP Matematika SMA/MA Kelas XII semester 2. Mengembangkan perangkat pembelajaran  matematika berupa bahan ajar, RPP, LKS, evaluasi dan media pembelajaran serta pemantapan penguasaan materi matematika lingkup SMA Kelas XII semester 1

Pemantapan Program Pengalaman Lapangan Kependidikan

  1. Implementasi Pembelajaran  PPL  Matematika SMA/MA  Kelas X. Melaksanakan, menilai dan menindaklanjuti pembelajaran atau hasil penilaian dengan melakukan pembimbingan, dan pelatihan peserta didik pada  tingkat satuan pendidikan SMA Kelas X.
  2. Implementasi Pembelajaran  PPL  Matematika SMA/MA  Kelas XI. Melaksanakan, menilai dan menindaklanjuti pembelajaran atau hasil penilaian dengan melakukan pembimbingan, dan pelatihan peserta didik pada  tingkat satuan pendidikan SMA Kelas XI.
  3. Implementasi Pembelajaran  PPL  Matematika SMA/MA  Kelas XII. Melaksanakan, menilai dan menindaklanjuti pembelajaran atau hasil penilaian dengan melakukan pembimbingan, dan pelatihan peserta didik pada  tingkat satuan pendidikan SMA Kelas XII.
  4. Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah.Observasi pengelolaan sekolah terkait dengan kegiatan administrasi sekolah dan kegiatan ekstrakurikuler serta keterlibatan peserta PPG dalam pengelolaan sekolah. Outputnya berupa laporan observasi.
  5. Pemantapan Materi dan Pengembangan Penunjang Profesi Guru Matematika. Salah satu materi yang dikembangkan adalah melakukan penelitian dan mengembangkan profesionalitas secara berkelanjutan melalui kegiatan penelitian tindakan kelas yang outputnya berupa laporan PTK.

Kurikulum Program PPG Matematika SMK/MAK Pola Blok

Kurikulum SMK/MAK PPG Matematika
Deskripsi Kegiatan
Pendidikan Bidang Studi (Subject Specific Pedagogy/ SSP)
  1. Pemantapan Materi dan Pengembangan SSP Matematika SMK/MAK Kelas X semester 1. Mengembangkan perangkat pembelajaran  matematika berupa bahan ajar, RPP, LKS, evaluasi dan media pembelajaran serta pemantapan penguasaan materi matematika lingkup SMK Kelas X semester 1.
  2. Pemantapan Materi dan Pengembangan SSP Matematika SMK/MAK Kelas X semester 2. Mengembangkan perangkat pembelajaran  matematika berupa bahan ajar, RPP, LKS, evaluasi dan media pembelajaran serta pemantapan penguasaan materi matematika lingkup SMK Kelas X semester 2.
  3. Pemantapan Materi dan Pengembangan SSP Matematika SMK/MAK Kelas XI semester 1. Mengembangkan perangkat pembelajaran  matematika berupa bahan ajar, RPP, LKS, evaluasi dan media pembelajaran serta pemantapan penguasaan materi matematika lingkup SMK Kelas XI semester 1.
  4. Pemantapan Materi dan Pengembangan SSP Matematika SMK/MAK Kelas XI semester 2. Mengembangkan perangkat pembelajaran  matematika berupa bahan ajar, RPP, LKS, evaluasi dan media pembelajaran serta pemantapan penguasaan materi matematika lingkup SMK Kelas XI semester 2.
  5. Pemantapan Materi dan Pengembangan SSP Matematika SMK/MAK Kelas XII semester 1. Mengembangkan perangkat pembelajaran  matematika berupa bahan ajar, RPP, LKS, evaluasi dan media pembelajaran serta pemantapan penguasaan materi matematika lingkup SMK Kelas XII semester 1.
  6. Pemantapan Materi dan Pengembangan SSP Matematika SMA/MA Kelas XII semester 2. Mengembangkan perangkat pembelajaran  matematika berupa bahan ajar, RPP, LKS, evaluasi dan media pembelajaran serta pemantapan penguasaan materi matematika lingkup SMA Kelas XII semester 1.

Pemantapan Program Pengalaman Lapangan Kependidikan

  1. Implementasi Pembelajaran  PPL  Matematika SMK/MAK  Kelas X.Melaksanakan, menilai dan menindaklanjuti pembelajaran atau hasil penilaian dengan melakukan pembimbingan, dan pelatihan peserta didik pada  tingkat satuan pendidikan SMK Kelas X.
  2. Implementasi Pembelajaran  PPL  Matematika SMK/MAK  Kelas XI.Melaksanakan, menilai dan menindaklanjuti pembelajaran atau hasil penilaian dengan melakukan pembimbingan, dan pelatihan peserta didik pada  tingkat satuan pendidikan SMK Kelas XI.
  3. Implementasi Pembelajaran  PPL  Matematika SMK/MAK  Kelas XII. Melaksanakan, menilai dan menindaklanjuti pembelajaran atau hasil penilaian dengan melakukan pembimbingan, dan pelatihan peserta didik pada  tingkat satuan pendidikan SMK Kelas XII.
  4. Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah.Observasi pengelolaan sekolah terkait dengan kegiatan administrasi sekolah dan kegiatan ekstrakurikuler serta keterlibatan peserta PPG dalam pengelolaan sekolah. Outputnya berupa laporan observasi.
  5. Pemantapan Materi dan Pengembangan Penunjang Profesi Guru Matematika. Salah satu materi yang dikembangkan adalah melakukan penelitian dan mengembangkan profesionalitas secara berkelanjutan melalui kegiatan penelitian tindakan kelas yang outputnya berupa laporan PTK.

Pola Pembelajaran dan Assesmen Program PPG Matematika

Pola Pembelajaran PPG Matematika
Prinsip-prinsip pembelajaran yang perlu mendapat perhatian khusus dalam program pendidikan profesi guru (PPG)  matematika, antara lain adalah:
  • Keaktifan mahasiswa. Proses pembelajaran PPG matematika ini diarahkan pada upaya untuk mengaktifkan mahasiswa, bukan dalam arti fisik melainkan dalam keseluruhan perilaku belajar. Keaktifan ini dapat diwujudkan antara lain melalui pemberian kesempatan menyatakan gagasan matematika, mencari informasi dari berbagai sumber, dan melalui berbagai konteks, dan melaksanakan tugas-tugas yang merupakan aplikasi dari konsep-konsep yang telah dipelajari sebelumnya.
  • High order thinking. Pengembangan sistim pembelajaran matematika berorientasi pada kemampuan berfikir tingkat tinggi (high order thinking), meliputi berpikir kritis, kreatif, logis, reflektif, pemecahan masalah, dan pengambilan keputusan.
  • Dampak pengiring. Di samping diarahkan pada pencapaian dampak instruksional (instructional effects), proses pembelajaran PPG matematika diharapkan mengakomodasi upaya pencapaian dampak pengiring (nurturant effects), yang mendorong pengembangan kompetensi sosial dan kompetensi kepribadian peserta PPG sebagai guru.
  • Pemanfaatan teknologi informasi. Keterampilan memanfaatkan multi media dan teknologi informasi perlu dikembangkan dalam semua kegiatan workshop PPG, baik untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilan maupun sebagai media pembelajaran matematika.
  • Pembelajaran Kontekstual. Dalam melaksanakan pembelajaran PPG matematika, konsep-konsep diperoleh melalui pengalaman dan kenyataan yang ada di lingkungan sehari-hari. Pengenalan lapangan dalam bidang pembelajaran matematika dilakukan sejak awal, melalui kegiatan observasi kelas di sekolah, kemudian hasil observasi dianalisis dan diskusikan bersama dalam kegiatan workshop PPG matematika. Artinya kegiatan pengenalan lapangan tidak hanya dilakukan menjelang akhir program saja, melainkan dapat juga dilakukan kunjungan ke sekolah pada waktu-waktu tertentu sepanjang tahun.
  • Model pembelajaran Matematika yang Inovatif. Penggunaan strategi dan model pembelajaran matematika inovatif dalam mengaktifkan peserta propram PPG diutamakan. Pembelajaran matematika berbasis inovatif adalah pembelajaran yang berpusat pada siswa. Pendekatan-pendekatan pembelajaran mutakhir matematika yang bercirikan konstruktivism hendaknya menjadi bagian utama dalam pembelajaran matematika, sehingga para siswa mengkonstruksi pengetahuan secara mandiri dan peran guru dalam hal ini adalah sebagai fasilitator dian sebagai pembimbing.
  • Belajar dengan berbuat. Prinsip learning by doing tidak hanya diperlukan dalam pembentukan keterampilan, melainkan juga pada pembentukan pengetahuan dan sikap. Dengan prinsip ini, pengetahuan dan sikap terbentuk melalui pengalaman dalam menyelesaikan kegiatan-kegiatan yang ditugaskan termasuk mengatasi masalah-masalah yang dihadapi di lapangan. Proses pembelajaran dalam Program PPG lebih menekankan kepada partisipasi aktif peserta PPG melalui model pembelajaran workshop atau lokakarya dengan bimbingan atau asuhan dosen dan guru pamong.
  • Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian Tindakan Kelas tidak dilakukan secara terpisah dari kegiatan workshop PPG. Dengan bantuan guru pamong dan pembimbing para peserta PPG mengindentifikasi permasalahan-permasalah dalam pembelajaran matematika di sekolah. Selanjutnya masing-masing peserta mencoba merumuskan permasalahan PTK untuk dilakukan selama kegiatan workshop dan PPL.