Kuliah Umum Dosen Tamu dari Universiti Teknologi Mara, Malaysia: Pedagogi Inovatif dalam Pendidikan Sains

Universiti Teknologi Mara, Malaysia melakukan kunjungan ke Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Yogyakarta dalam rangka Guest Lecture. Kegiatan dilakukan pada hari Rabu (21/08/2024) di Ruang Sidang 3 FMIPA UNY. Kegiatan ini dilaksanakan berupa kuliah umum bagi para mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia dan Program Studi Pendidikan Biologi bersama, tentang topik “Innovative Pedagogies for Building Resilience and Facilitating Conceptual Change with Problem Posing Strategies”.

Dalam kuliah ini dibahas inovasi pedagogi yang berupa mengajukan masalah (Problem posing) dalam pendidikan sains. Pengajuan masalah ini merupakan cara untuk mengajak siswa untuk bertanya dengan menulis di atas kertas kosong. Hal ini dikarenakan bertanya merupakan suatu hal yang penting dalam pendidikan, melalui bertanya siswa dapat menggali pengetahuan baru, dan menumbuhkan rasa ingin tahu. Inovasi pengajuan masalah ini didasarkan pada siswa kurang memiliki banyak latihan dalam mengembangkan pertanyaan dan permasalahannya sendiri, terutama siswa yang berada di bawah sistem pendidikan yang menekankan pembelajaran berpusat pada guru. Maka, dibutuhkan inovasi atau cara untuk mengembangkan pengetahuan siswa lebih dalam melalui pengajuan masalah.

Pengajuan masalah ini dikenal dengan istilah kerangka strategi instruksional PROPOSE-M. Kerangka ini memberikan gambaran bahwa guru sebagai model, pendorong, dan pelatih. Strategi ini dimulai dengan guru memperkenalkan topik dan mengajak siswa untuk membuat pertanyaan, kemudian dilanjutkan dengan siswa berdiskusi untuk mencari solusi untuk menjawab pertanyaan yang diajukan. Strategi PROPOSE-M ini dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis, komunikasi, kolaborasi, dan kreativitas siswa.

Pengajuan masalah (PROPOSE-M) bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi, menguatkan mental, mengembangkan pertanyaan sendiri, dan menciptakan diskusi yang bermakna bagi siswa. Semoga dengan adanya strategi ini dapat meningkatkan kualitas pembelajaran sains bagi siswa melalui penerapan pengajuan masalah yang diterapkan oleh guru. (ratna/witono).