Evaluasi Mutu Pendidikan, Asesmen Prodi S2 Pendidikan Fisika oleh Lamdik

Program Studi Magister (S2) Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), menjalani Asesmen Lapangan (AL) dari Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (Lamdik) sebagai bagian dari upaya evaluasi dan peningkatan mutu pendidikan, pada Hari Rabu-Kamis (14-15/05/2025).

Kegiatan asesmen ini merupakan tahapan penting dalam proses akreditasi program studi, yang bertujuan untuk menilai secara komprehensif kualitas penyelenggaraan pendidikan, termasuk kurikulum, proses pembelajaran, sumber daya manusia, sarana prasarana, serta luaran dan dampak program studi.

Asesmen Lapangan dilakukan oleh dua asesor dari Lamdik, yaitu Prof. Dr. Parno, M.Si. dari Universitas Negeri Malang dan Prof. Dr. Wiyanto, M.Si  dari Universitas Negeri Semarang. Kedua asesor disambut secara resmi oleh Dekan FMIPA UNY, Ketua Program Studi, jajaran dosen, tenaga kependidikan, serta mahasiswa dan alumni yang turut hadir memberikan testimoni dan dukungan.

Dalam sambutannya, Dekan FMIPA UNY, Prof. Dr. Dadan Rosana, M.Si. menyampaikan bahwa kegiatan asesmen ini menjadi momentum penting untuk merefleksikan capaian-capaian yang telah diraih sekaligus menjadi landasan strategis dalam menyusun langkah pengembangan ke depan.

“Kami menyambut baik proses asesmen ini sebagai bentuk komitmen kami terhadap peningkatan mutu dan layanan pendidikan di UNY, khususnya di Program Studi Magister (S2) Pendidikan Fisika,” ungkap Prof. Dr. Dadan Rosana, M.Si. dalam sambutannya.

Asesor Lamsama, Prof. Dr. Wiyanto, M.Si dalam sambutannya mengatakan bahwa Predikat program studi Program Studi Magister (S2) Pendidikan Fisika yang sudah Unggul tampaknya harus dipertahankan, salah satunya melalui Asesmen Lapangan ini. 

Rangkaian asesmen meliputi peninjauan dokumen, wawancara dengan UPPS atau pimpinan, dosen, mahasiswa, alumni, dan pengguna lulusan, serta observasi sarana dan prasarana pendukung yang meliputi laboratorium, perpustakaan dan pembelajaran di dalam kelas. Para asesor memberikan apresiasi terhadap sejumlah keunggulan program studi, antara lain integrasi teknologi dalam pembelajaran, penguatan riset, dan kontribusi alumni di berbagai bidang pendidikan.

Dengan terlaksananya Asesmen Lapangan ini, diharapkan Program Studi Magister (S2) Pendidikan Fisika FMIPA UNY semakin siap menjawab tantangan zaman, serta mampu mencetak lulusan yang unggul, inovatif, dan berdaya saing global. Semoga predikat ‘Unggul’ pada program studi Sarjana Fisika dapat dipertahankan dan terus ditingkatkan kualitasnya. (ratna/witono).