SEMINAR NASIONAL MATEMATIKA DAN PENDIDIKAN MATEMATIKA 2015

Pada tanggal 14 November 2015 Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Negeri Yogyakarta menyelenggarakan Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. Seminar tersebut merupakan agenda rutin tahunan Jurusan Pendidikan Matematika UNY. Tema dari seminar nasional di tahun 2015 ini adalah “Mengembangkan Kecakapan Abad 21 Melalui Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika”. Pembicara utama seminar adalah pakar Statistika dari Universitas Gadjah Mada, yaitu  Prof. Dr. Rer. Nat Dedi Rosadi, dan pakar Pendidikan Matematika dari UNY, yaitu Dr. Sugiman, M.Si. Dalam sambutannya, Dr. Ariyadi Wijaya selaku Ketua Panitia Seminar melaporkan bahwa terdapat 275  presentasi makalah. Berdasarkan hasil seleksi terdapat 235 makalah yang diterbitkan dalam bentuk prosiding. Seminar ini juga dihadiri oleh 127 peserta non pemakalah dari berbagai perguruan tinggi  dan instansi di Indonesia.

Prof. Dr. Rer. Nat Dedi Rosadi menyajikan berbagai penelitian terkini dalam bidang Statistika, di antaranya tentang big data. Selain itu, beliau juga menjelaskan berbagai program untuk olah data statistik yang bisa diperoleh dan digunakan secara gratis (freeware). Terkait dengan issue pendidikan, Dr. Sugiman, M.Si menegaskan pentingnya peran guru dalam pembelajaran matematika. Pada pendekatan pembelajaran terpusat pada siswa (student-centered approach), guru dituntut untuk bisa memposisikan diri dengan tepat. Di satu sisi guru harus memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengkonstruksi pemahaman konsep sendiri. Di sisi lain, guru harus memberikan bimbingan (guidance) yang tepat dan proporsional supaya proses konstruksi pemahaman konsep secara mandiri oleh siswa bisa berjalan dengan benar.

Pada sesi presentasi parallel, para peserta pemakalah menyampaikan karya penelitian mereka. Para peserta non pemakalah terlihat cukup aktif dalam menanggapi berbagai makalah yang dipresentasikan. (Ariyadi)

Label Berita: