WORKSHOP PENULISAN PUBLIKASI INTERNASIONAL OLEH DR. WANTY WIDJAJA (DEAKIN UNIVERSITY)

Program Studi Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta menyelenggarakan pada tanggal 3 Desember menyelenggarakan Workshop Penulisan Artikel Ilmiah untuk Publikasi Internasional. Peserta workshop tersebut adalah dosen Jurusan Pendidikan Matematika UNY dan beberapa dosen Program Studi Pendidikan Matematika dari berbagai universitas di Yogyakarta. Workshop yang diselenggarakan sebagai salah satu upaya internasionalisasi program studi tersebut dipandu oleh Dr. Wanty Widjaja yang merupakan seorang dosen sekaligus peneliti dari Deakin University, Australia. Dr. Wanty Widjaja diundang sebagai nara sumber karena beliau memiliki banyak publikasi ilmiah di tingkat internasional. Lebih lanjut lagi, banyak karya beliau yang berkaitan dengan konteks pendidikan di Indonesia. Oleh karena itu, diharapkan Dr. Wanty Widjaja tidak hanya memberikan penjelasan tentang sisi teknis publikasi ilmiah, tetapi juga berbagi tips bagaimana mengolah issue atau tema pendidikan Indonesia di kancah internasional.

Dr. Wanty Widjaja menegaskan pentingnya kolaborasi dengan teman sejawat dan keikutsertaan dalam research group merupakan kunci sukses untuk menerbitkan publikasi ilmiah di tingkat internasional. Selain itu, peneliti juga harus semangat dan pantang menyerah dalam mengirimkan karya mereka. “If one journal does not accept your manuscript, send it to another journal”, demikian yang disampaikan oleh Dr. Wanty Widjaja. Selain itu, menulis karya ilmiah bukanlah bakat melainkan merupakan suatu  keterampilan yang bisa senantiasa diasah dan ditingkatkan.

Para peserta terlebih dahulu diminta untuk membawa draft karya ilmiah mereka. Dalam sesi workshop, peserta diminta saling berdiskusi tentang karya mereka dengan mendapat bimbingan dan masukan dari Dr. Wanty Widjaja. Para peserta tampak antusias mengikuti sesi workshop dan mereka berharap kegiatan tersebut bisa dilaksanakan secara berkelanjutan. (Ariyadi)

Label Berita: